Breaking

Wednesday, May 9, 2012

Fauna Spesial dari Indonesia

Lahir di Indonesia, tidur di Indonesia, makan dan minum di Indonesia, tinggal di Indonesia, sebaiknya kamu tahu apa yang khas dari Indonesia. Indonesia adalah negara yang dikaruniai kekayaan yang luar biasa, kata satu anekdot; Tuhan menciptakan Indonesia begitu sempurna, tanpa kekurangan apa pun, tapi seperti yang kita ketahui bersama, Tuhan Maha Adil, ada kelebihan ada kekurangan, begitu juga Indonesia dan cukup kita tahu dihati saja tentang kekurangan ini ya. Selanjutnya, apa bukti Indonesia begitu kaya? Salah satunya adalah kekayaan fauna yang beberapa jenisnya adalah fauna yang Tuhan ciptakan untuk Indonesia dan sedikit negara lain, apa saja hewan itu?

Komodo - Makhluk hidup yang bernama manusia dimanapun di seluruh dunia yang sudah sekolah mungkin bisa dikatakan pasti sudah pernah mendengar hewan ini. Kenapa? Karena menurut ilmuan, Komodo adalah satu-satunya fosil hidup dari zaman Dinosaurus. Bagaimana tidak mengagumkan, karena ternyata ada dinosaurus yang hidup sezaman dengan manusia. Berita baiknya hewan ini tidak dapat keluar dari pulau komodo dan beberapa pulau disekitar pulau komodo kecuali diangkut manusia, jadi kita tidak perlu khawatir dengan gambaran di film Jurasic Park.

Cendrawasih - Bird Of Paradise, begitulah orang Eropa menyebutnya saat melihat bulu-bulu burung ini pertama kali di Papua. Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau ternyata penyebutannya sebagai burung dari surga karena pada awalnya orang-orang tersebut percaya bahwa burung ini memang berasal dari surga. Cerita awalnya, penjelajah dari Eropa yang mendarat di Papua dan membawa awetan burung ini sebagai hadiah dari penduduk lokal sudah dibuang kakinya. Mereka percaya burung ini tidak memiliki kaki karena memang tidak memerlukannya, mereka percaya burung ini terbang begitu tinggi di awan dan tidak perlu mendarat ke bumi untuk mencari makan. Kini, burung itu sangat terancam oleh pemburu-pemburu. Burung Cendrawasih hanya dapat kita temui di pulau Papua (Irian), yang termasuk kedalam wilayah Indonesia dan Papua New Guinea.

Orang Utan - Masyarakat zaman dulu ada yang percaya bahwa orang utan adalah manusia yang terasing di Hutan dan badannya ditumbuhi rambut-rambut hingga jadilah mereka seperti sekarang. Karena itu mereka dinamakan Orang Utan. Jika melihat wajahnya, Orang Utan tampak sangat melankolis, tanpa permusuhan. Namun keserakahan manusia telah menempatkan mereka sebagai musuh bagi manusia itu sendiri. Habitat dan populasi mereka semakin terancam karena degradasi hutan akibat berbagai kegiatan manusia. Padahal  di dunia Orang Utan hanya ada di dua pulau, yaitu pulau Sumatra dan pulau Kalimantan. Di Sumatra yang merupakan spesies yang terpisah dari spesies di Kalimantan mengalami ancaman kepunahan karena habitat yang semakin sempit.  Orang Utan Sumatra dapat di temui di bagian Selatan Aceh dan Utara Sumatra Utara. Di Malaysia timur, Orang Utan Kalimantan sangat dilindungi karena mereka sangat menyadari betapa berharganya spesies ini, namun bagaimana dengan Orang Utan di Kalimantan yang tersebar di Kalimantan Barat, Timur, Tengah dan Selatan?

Kangguru Pohon - Saat menyebutkan "kangguru", hampir semua orang akan lansung berpikir tentang benua terkecil di Dunia, yaitu Australia. Tapi diantara kita pasti sudah ada yang pernah dengar kalau kangguru juga ada di Indonesia, tapi bukan kangguru yang di Jawa Barat. Di Indonesia, kangguru terdapat di pulau Papua. Terdapat dua jenis kangguru di Papua, yaitu kangguru pohon dan kangguru tanah. Seperti fauna langka lain di Indonesia, kangguru pohon juga menghadapi ancaman kepunahan akibat kegiatan-kegiatan manusia yang kurang ramah lingkungan.

Maleo - Burung Maleo terdapat di Pulau Sulawesi, dan spesies ini adalah salah satu spesies fauna endemik di Indonesia, artinya benar-benar hanya terdapat di Indonesia seperti halnya Komodo.  Burung ini termasuk burung yang unik, pertama karena anaknya yang baru menetas bisa langsung terbang, dan yang kedua adalah karena burung ini senang membuat sarang di dekat gunung berapi yang masih aktif (mungking sebutan Phoenix lebih cocok untuk burung maleo). Burung Maleo sangat terancam keberadaannya karena dikonsumsi oleh masyarakat dan telurnya juga diburu.

Bekantan - Kera juga ada yang bule, tidak percaya? Coba lihat Bekantan, fauna ini adalah salah satu fauna yang endemik yang di pulau Kalimantan. Dengan rambut pirangnya yang tumbuh di seluruh tubuhnya, serta hidungnya yang sangat mancung seperti orang bule, wajar kalau spesies ini disebut Kera Belanda. Bekantan senang tinggal di daerah riparian di pulau Kalimantan. Bekantan sangat rentan terhadap perubahan habitatnya, sedikit perubahan habitatnya akan langsung mempengaruhi hidup fauna unik ini. Karena itu, perubahan penggunaan lahan di Kalimantan akan sangat mengancam kelestariaannya.

Dari semua fauna yang merupakan anugerah Tuhan yang spesial untuk manusia yang tinggal di Indonesia, ada satu kesamaan di antara merek, yaitu sama-sama TERANCAM PUNAH. Ancaman terhadap eksistensi mereka bukan karena perut orang-orang yang masih berpikir MAKAN APA BESOK, tapi oleh otak orang-orang  yang selalu berpikir MAKAN SIAPA BESOK. Jika kita tidak melakukan sesuatu untuk menyelamatkan mereka, kita akan berbuat dzolim terhadap generasi yang akan datang.

Gambar :  yayasansanctuary.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Adbox