• Petualangan dan Lingkungan

    Monday, December 30, 2013

    Sungai Kapuas Punye Cerite


    Sungai Kapuas punye cerite, bile kite minum aeknye....

    Demikianlah sepotong lagu tentang sungai Kapuas yang katanya membelah kota Pontianak menjadi dua bagian, tapi sebenarnya kota Pontianak ada tiga bagian. Bagian yang satu lagi dibelah oleh sungai Landak.

    Konon katanya Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia, dan merupakan sungai ketiga terpanjang di Asia Tenggara. Panjangnya adalah 1.143 km. Membentang dari Heart of Borneo (Jantung Kalimantan) dan bermuara di Laut Cina Selatan.Terdapat beberapa kota yang dilalui sungai ini, yaitu Kota Putussibau, Sintang, Sanggau, dan Pontianak yang berada pada daerah delta sungai.

    Sungai Kapuas sangat penting bagi kehidupan masyarakat setiap kota yang dilaluinya, sebagai alat transportasi, sumber ikan, rekreasi, MCK, dan lain sebagainya. Namun saat ini kondisi sungai kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat ini sangat terancam. Illegal logging, perkebunan monokultur, penambangan tanpa izin, dan banyak ancaman lainnya. Kenyataannya, yang terancam adalah kita sendiri sebagai manusia yang sangat membutuhkan sungai tersebut.

    Fashion

    Beauty

    Travel