• Petualangan dan Lingkungan

    Thursday, February 20, 2014

    Aplikasi Sederhana Reduse dan Recycle

    Kita semua tahu bahwa kita seharusnya melakukan reduce, reuse dan recycle, tetapi apakah yang sebenarnya dimakasud dengan kata-kata tersebut? Maknanya bukanlah sekedar membuang botol minuman plastik di tempat sampah dan berharap ada pemulung yang akan mengambilnya.

    Berikut ini adalah beberapa ide tentang 3R yang cukup mudah untuk dilakukan dan Anda dapat mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

    Reuse tas dan kontainer. Kertas coklat adalah alat pembungkus yang sangat bagus. Cucilah kontainer dan gelas plastik tempat makanan yang Anda beli dan gunakan mereka sebagai wadah barang-barang tertentu.

    Gunakan koran bekas sebagai kertas kado dan hiasi dengan pita secukupnya.

    Daripada dibuang, lebih baik sumbangkan baju dan mainan Anda yang sudah tidak terpakai kepada orang lain, atau jual ke toko barang bekas.

    Rancanglah sebuah pusat daur ulang dirumah Anda dan ajarkan anggota keluarga Anda bagaimana cara menggunakannya. Sediakan tempat sampah khusus untuk bahan gelas, plastik, dan koran/kardus.

    Sebagai tambahan, buatlah tempat sampah khusus untuk sampah elektronik (handphone lama, mp3 player dll). Daripada membuangnya ke tempat sampah, mungkin Anda dapat menjualnya ke tempat barang bekas (di kilo-kan).

    Ganti penggunaan tisu/serbet kertas untuk makan dengan kain serbet. Anda dapat mencuci kain serbet beberapa kali dalam seminggu atau pada saat kain tersebut kotor. Hal yang sama juga dapat di aplikasikan untuk mengeringkan piring, jadi, gunakan kain, bukan kertas. Hal ini akan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan rumah Anda.

    Bawalah kantong plastik sendiri saat akan berbelanja ke toko swalayan. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi jumlah penggunaan kantong plastik, meskipun masih jarang orang yang melakukan hal ini, tidak menjadi halangan untuk Anda.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel