Breaking

Wednesday, February 5, 2014

Sejarah Hari Bumi 22 April

Hari Bumi lahir pada tahun 1970, didorong oleh aktivis berjiwa bebas pada saat dunia sedang dilanda perselisihan politik. Perayaan pertama Hari Bumi dilakukan pada 22 April 1970. Namun sebenarnya benih Hari Bumi telah ditanam bertahun-tahun sebelumnya, ketika beberapa ilmuwan dan konservasionis menyadari bahwa pertumbuhan fenomenal industri pasca-perang di Amerika - dan polusi udara dan air yang menyertainya - telah menghancurkan alam.

Gerakan Lingkungan dan Hari Bumi

Pada tahun 1962 , Rachel Carson, seorang penyendiri yang tenang dari sebuah peternakan Pennsylvania yang menjadi seorang ahli biologi terkenal dan penulis alam, menerbitkan buku Silent Spring, suatu keluh-kesah terhadap penyemprotan DDT dan pestisida lain. Carson menyalahkan penggunaan DDT dan pestisida lainnya atas terjadinya penyempitan sebaran burung dan populasi hewan lainnya, dia diperhitungkan sebagai salah satu peletak dasar-dasar gerakan lingkungan ilmiah yang kuat .

http://www.universetoday.com/
Peristiwa lain pada 1960-an, publik semakin menyadari kerusakan lingkungan. Polusi udara di Los Angeles, New York City dan daerah perkotaan lainnya telah mencapai bahaya tingkat tinggi, dan menunjukkan dampak buruk terhadap kesehatan manusia yang langsung dan tak terbantahkan. Dilatar belakangi pertumbuhan penduduk, Paul Erlich menerbitkan buku pada tahun 1968, salah satu buku terlaris "The Population Bomb", Paul menyalahkan aktifitas pembersihan ladang dengan buldoser untuk memperluas lahan kota. Kemudian, mungkin bencana terbesar buatan manusia yang paling terkenal selama beberapa dekade adalah, Ohio Cuyahoga River, yang mengalir melalui Cleveland dan beberapa kota-kota industri lainnya, terbakar pada tahun 1969 oleh karena semua limbah berbahaya yang teratur dibuang ke dalamnya .

Gaylord Nelson dan Bumi Hari Pertama

Selama masa kerusakan lingkungan tersebut, Senator Gaylord Nelson, seorang yang konservasionis partai Demokrat dari Wisconsin, pertama kali mengusulkan untuk membuat perlindungan lingkungan sebagai prioritas nasional. Meskipun pada tahun 1963 dia meyakinkan Presiden Kennedy untuk mengikuti "tour konservasi nasional", sedikit sekali orang-orang politik yang datang.
Pada tahun yang sama, Nelson memperkenalkan undang-undang untuk melarang DDT : tidak satu pun anggota Kongres bergabung dengannya.

Nelson, tidak terpengaruh, dia melihat bahwa sejumlah organisasi kecil telah mencapai beberapa keberhasilan dalam mempromosikan isu lingkungan lokal. Terinspirasi oleh peristiwa ini, dan dengan meningkatnya jumlah protes antiperang dan kegiatan " teach - in " yang bermunculan di seluruh negeri, Nelson memutuskan pada tahun 1969 untuk membuat satu hari yang ditujukan untuk melakukan teach -in  lingkungan yang mungkin dapat menjadi cara sempurna untuk menempatkan polusi, deforestasi dan isu hijau lainnya di bagian atas agenda politik bangsa .

Dia berbicara di sebuah konferensi di Seattle pada bulan September 1969, Nelson mengusulkan bahwa pada musim semi tahun 1970 akan ada demonstrasi akar rumput dari pantai - ke - pantai atas nama keprihatinan terhadap lingkungan - dan dalam kata-kata Nelson", Responnya sungguh cepat hingga seperti gangsters.

Orang-orang di seluruh negeri tampaknya telah mencari jalan keluar untuk mengekspresikan kesadaran lingkungan mereka yang mulai tumbuh. Nelson juga mengeluarkan iklan satu halaman penuh di The New York Times pada bulan Januari 1970, mengumumkan bahwa Hari Bumi akan berlangsung pada Rabu, 22 April.i Tanggal itu dipilih karena waktu merupakan jadwal kuliah mahasiswa, cuaca yang lebih hangat dan tidak ada hari libur yang berdekatan.

Sejak 22 April 1970 tersebut, Hari Bumi mulai di rayakan, hingga seluruh dunia ikut merayakannya.
Sumber: about.com

No comments:

Post a Comment