Breaking

Tuesday, June 10, 2014

Efek Buruk Duduk Sepanjang Hari

Kita semua tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat. Olah raga membantu Anda mengendalikan berat badan, memperkuat jantung Anda, dan membantu menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah, belum lagi membuat Anda lebih bahagia dan lebih fokus. Jika Anda memenuhi rekomendasi  untuk berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu selama 30 menit atau lebih, Anda mungkin akan mendapatkan banyak manfaat.

Berolahraga secara teratur adalah awal yang baik, tapi sesuatu yang sangat jelas adalah bahwa apa yang Anda lakukan sepanjang hari juga mempengaruhi kesehatan Anda. Duduk sepanjang hari di tempat kerja atau rumah dapat mendatangkan bahaya pada kesehatan fisik dan mental Anda. Disini kita akan membahas tentang apa yang diakibatkan duduk terlalu lama pada diri Anda, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk melawannya.

Mengapa duduk sangat Mudah?

Sebagian besar dari kita tidak menganggap diri kita malas. Kita bangun pagi untuk berolahraga, bekerja keras sepanjang hari, dan mengurus rumah dan keluarga di malam hari dan pada akhir pekan. Jika Anda tinggal di kota-kota besar Anda mungkin menghabiskan sebagian besar hari Anda duduk tanpa menyadarinya. Dari saat Anda mulai bekerja sampai waktu yang Anda pergi di malam hari, Anda mungkin hampir tidak bergerak sedikit pun kecuali selama istirahat dan waktu makan siang. Kenyamanan dunia modern telah membuat ini terjadi. Dengan layanan mobil dan drive-through, Anda bahkan tidak perlu bangun untuk mengambil makanan.
Lift dan eskalator memungkinkan Anda untuk berkeliaran di sebuah gedung tanpa menggunakan tangga. Email dan pesan teks membuat Anda melakukan bisnis tanpa perlu bangun dari kursi untuk bertemu rekan dengan tatap muka.
Remote kontrol dan sekarang smartphone membantu Anda mengontrol termostat, televisi, dan sistem alarm rumah tanpa berdiri.

Efek fisik dari duduk sepanjang hari

Meskipun teknologi ini dapat membuat hidup lebih nyaman dan membuat pekerjaan lebih mudah, mereka diam-diam dapat merugikan kesehatan Anda. Pertama, ketika Anda duduk sepanjang hari, metabolisme Anda lebih lambat daripada jika Anda bergerak secara berkala. Tanpa membakar kalori ekstra, kita bisa menambah berat badan dengan lebih mudah.

Ahli telah belajar tentang banyak efek lain dari terlalu banyak duduk. Ini adalah salah satu gaya hidup yang buruk. Tingginya tingkat kolesterol "jahat" LDL. Tingkat kolesterol "baik" HDL lebih rendah.
Kadar gula darah yang lebih tinggi, atau sensitivitas insulin kurang.
Tekanan darah tinggi.
Efek ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Efek Psikologis Duduk Sepanjang Hari

Pernahkah Anda duduk hampir tak bergerak selama beberapa jam dan melihat bahwa Anda merasa mengantuk dan lesu? Ini bukan imajinasi Anda. Ketika Anda duduk begitu lama, Anda tidak mendapatkan aliran darah yang cukup ke otak Anda seperti yang Anda lakukan ketika Anda sedang bergerak. Yang dapat membuat Anda mengantuk, kurang produktif, dan kurang waspada.

Selain itu, duduk terlalu lama, apakah di rumah atau di tempat kerja, dapat membuat Anda lebih cenderung menjadi depresi. Lebih baik berdiri dan berkeliling dan berinteraksi dengan rekan kerja dan teman-teman dan anggota keluarga daripada tetap duduk dan terisolasi.

Apa yang Bisa Anda Lakukan

Istirahat dengan melalakukan sesuatu yang aktif dapat membantu kita semua terhindar dari efek berbahaya dari duduk sepanjang hari. Ambil istirahat aktif setidaknya sekali satu jam, dan ingat bahwa istirahat aktif dapat efektif bahkan jika dilakukan hanya satu atau dua menit.
Lakukan squat, luruskan kaki, atau ayunkan lengan.
Berjalan di sekitar kantor Anda saat Anda berbicara di telepon.
Gunakan tangga ke lantai berikutnya ketika Anda menggunakan kamar mandi di tempat kerja.
Dengan sedikit usaha, kita dapat mengurangi efek negatif dari duduk sepanjang hari dan menjadi lebih bahagia dan sehat.

Sumber: http://www.huffingtonpost.com/

3 comments:

  1. semua ada efek negatifnya... tapi kita juga harus pintar dalam menangapinya.

    ReplyDelete
  2. yang penting asupan nutrisi aja. kalau badan g banyak digerakin pasti sekali olahraga sendi bakalan soak. ada bagusnya juga kurangi duduk n olahraga. hehe

    ReplyDelete
  3. berguna banget infornya. Semoba bisa bermanfaat bagi semua

    ReplyDelete

Adbox