Breaking

Sunday, June 29, 2014

Menjadi Citizen Naturalist

Kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan membuat semakin banyak orang yang sadar untuk ikut berperan dalam pelestarian alam dan lingkungan hidup. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk ikut serta dalam aksi peduli lingkungan tersebut, namun mungkin ada diantara Anda yang bertanya apakah untuk menjadi seorang konservasionis atau naturalis Anda harus memiliki titel-titel yang sesuai dengan bidang ini?

Tidak, Anda tidak perlu ilmu atau titel apapun untuk menjadi seorang konservasionis. Semura orang bisa, yang diperlukan hanya niat dan kemauan untuk belajar tentang alam ini.

Saat ini kita cukup sering mendengar tentang adanya Citizen Journalist, yaitu pencari berita yang berasal dari masyarakat umum (bukan wartawan). Tapi pernahkah Anda mendengar tentang Citizen Naturalis?


Citizen Naturalist adalah orang-orang yang peduli dengan lingkungan dan memilih ikut serta dalam membuat perubahan secara lokal maupun nasional untuk lingkungan yang lebih baik. Mereka mengisi waktu luangnya untuk mengamati alam dan lingkungan dengan cara pandang yang kritis dan ikut mencari solusi untuk membuat lingkungan menjadi lebih baik.

Semua orang bisa menjadi Citizen Naturalist, yang Anda  butuhkan hanya minat tentang alam dan usaha untuk memberikan bantuan pada komunitas.

Citizen Naturalist seringkali terlibat dalam Citizen Science, lalu apa itu Citizen Science?  Citizen Science adalah sebuah praktek di mana anggota masyarakat membantu pelaksanaan penelitian para ilmuwan, aktifitas ini semakin populer di banyak tempat, semakin banyak konferensi yang dilakukan terkait kegiatan ini, terdapat program sekolah, publikasi dan banyak lagi.

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang satwa liar di daerah Anda dan menyumbangkan pengetahuan penting yang Anda miliki untuk perlindungan alam, tumbuhan dan satwa liar?
Jadilah seorang menjadi Citizen Naturalist. Bagaimana caranya?
Berikut caranya:

Buatlah daftar hal-hal yang menjadi minat Anda
Apakah Anda seorang birdwatcher (pengamat burung) yang ingin berbagi penemuan dengan dunia?Apakah Anda suka bertualang? Membuat daftar keinginan Anda akan membantu Anda mengidentifikasi minat dan kesempatan Anda dengan tepat.

Jemput bola
Hubungi universitas, lembaga-lembaga nirlaba konservasi, lembaga-lembaga kooperatif atau kantor pemerintah setempat untuk mencari tahu apakah Anda kesempatan penelitian yang tersedia untuk umum.

Pelajari satwa liar sekitar Anda
Apakah Anda tahu bagaimana membedakan antara panggilan kawin katak hijau dan katak besar? Sebelum turun ke lapangan, para Citizen Naturalist biasanya menerima pelatihan tentang cara untuk mengidentifikasi spesies yang menjadi target penelitian.

Mulai mencari informasi
Anda bisa mencari informasi tentang satwa-satwa yang dilindungi dan status konservasinya di IUCN. Untuk di Indonesia Anda bisa mencari informasi tentang berbagai penelitian di situs LIPI, dan berbagai perguruan tinggi. Anda juga bisa menemukan orang-orang yang concern terhadap suatu bidang konservasi dan melakukan kontak untuk mencari peluang untuk terlibat dalam aktifitas konservasi.

Go Mobile
Berbagai teknologi digital terbaru semakin mempermudah aktifitas konservasi lebih dari waktu-waktu sebelumnya. Fasilitas kamera digital pada mobile devise dapat sangat membantu dalam mendokumentasikan satwa liar, fasilitas GPS pada smartphone dapat sangat membantu dalam memetakan sebaran satwa liar.

Menganalisis
Citizen Naturalist tidak hanya mengumpulkan data: mereka juga dapat membantu menganalisanya. Anda dapat menggunakan kemudahan dan kenyamanan untuk mencari informasi dari web dengan menggunakan beberapa menit untuk menghitung makhluk di dasar laut atau mengidentifikasi rekaman nyanyian paus melalui Zooniverse.

Sebarkan
Anak-anak juga dapat membuat perbedaan! Bagi semangat Anda untuk alam dengan anak-anak Anda dengan browsing rencana pelajaran gratis dan ide-ide dari National Environmental Education Foundation atau Anda dapat memulai program Schoolyard Bioblitz.

No comments:

Post a Comment