• Petualangan dan Lingkungan

    Saturday, March 14, 2015

    Air Terjun Banangar yang Spektakuler

    Riam Banangar adalah sebuah ari terjun yang terletak di Dusun Engkangin , Kecamatan air besar Kabupaten Landak. Riam ini memiliki beberapa nama sinonim, misalnya Riam Malanggar dan Riam Manangar. Riam Banangar dengan ketinggian sekitar 40 meter dan lebarnya yang cukup spektakuler tidak akan mengecewakan anda yang harus menembuh perjalanan yang relatif jauh dari Ngabang, Ibukota Kabupaten Landak.

    Tapi, apakah hanya air terjun yang bisa dinikmati di kawasan Banangar ini? Tidak, masih ada objek lain yang layak untuk dinikmati disekitar kawasan ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:
    Air Terjun Banangar - Kab. Landak (Foto oleh Marcel Alveri Adis)

    Gua beratus / Gua kelelawar 

    Didalam gua ini terdapat ratusan ekor kelelawar yang pada waktu menjelang maghrib akan keluar berombongan dalam jumlah besar begitu juga pada menjelang subuh. Masuk ke dalam celah sempit tempat kediaman para makhluk malam ini kita dapat merasakan tingginya guano (kotoran kelelawar) hingga batas kaki. Gua ini adalah celah-celah batu raksasa yang menjadi tempat patahan sungai yang membentuk Riam Banangar.
    Gua ini terdiri dari 2 ruang utama, bagian depan berbentuk kubah raksasa sedangkan bagian dalam ruangan luas yang tidak dimasuki cahaya sama sekali.

    Olahraga Air

    Kondisi air yang sangat jernih dan berarus deras cukup menggoga untuk dinikmati saat mengunjungi Riam Banangar. Anda bisa melakukan arum jeram, body rafting dan renang melawan arus. Jika menggunakan mode transportasi air dengan pepet (longboat), kita dapat lebih menikmati pemandangan karena terdapat air terjun kecil di beberapa bukit yang dapat dilihat dari jauh.

    Danau di atas bukit

    Terdapat danau alami yang sangat luas di puncak salah satu bukit di daerah tersebut dengan luas beberapa hektar, namun kondisi danau tersebut belum dapat dikonfirmasi.

    Aktifitas Lainnya

    Aktivitas lain yang dapat kita lakukan disekitar kawasan Air Terjun Banangar misalnya hiking, bird watching (recomended), FYI, kita masih bisa menemukan enggang Buceros rhinoceros yang terdengar menjelang maghrib. Lokasi ini juga masih menyimpan banyak potensi yang belum di eksplorasi lebih lanjut, karena itu jika teman-teman ada yang tertarik untuk melakukan penelitian, masih banyak tema yang bisa diangkat dari kawasan ini. O iya, kita juga bisa menikmati pelangi di dekat air terjun sekitar pukul 16.30. Jangan lupa juga, nikmati keong dan remis air tawar di air terjun Banangar!!!

    Bagaimana cara mencapai air terjun Banangar?
    Dari Pontianak – Ngabang : perjalanan kira-kira 3 jam. Ngabang kemudian cari jalan menuju kecamatan air besar
    Ngabang – Desa Serimbu / desa hanura : perjalanan kira-kira 4 ½ jam.
    Desa Serimbu / Desa Hanura : saat ini sudah terbagi menjadi dua jalur untuk menuju desa engkangin
    - Rute terbaik mungkin perlu di update. Terakhir maret 2014 lebih baik menggunakan jalur di desa hanura
    - Jalur satu lagi sebelum desa hanura , jauh lebih pendek namun kondisi jalan masih batu-batu besar.
    Desa Hanura – Rombok Banangar perjalanan kira-kira 3 jam

    Estimasi waktu kurang lebih 10 – 13 jam (tergantung keahlian berkendara) saat ini hanya bisa menggunakan sepeda motor karena terdapat jembatan-jembatan gantung. Jika menggunakan mobil/bis dapat menyewa kapal motor penduduk setempat dari desa hanura yang kemudian di lanjutkan dengan jalan kaki ke lokasi kurang lebih 15 menit dengan harga dapat mencapai 25rb - 50 rb parkir 10 rb sampe puas.

    Jika ingin melihat air terjun dalam kondisi air besar dapat berkunjung di bulan februari dan akhir tahun. Air kecil dapat berkunjung di penghujung bulan desember, maret, juli dan agustus (Berdasarkan pengalaman turun)

    Penginapan :
    Tidak terdapat penginapan resmi di daerah ini.
    Untuk menginap ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh.
    1. Menginap menggunakan tenda
    2. Menumpang di ruko warga yang tidak terpakai
    3. Menginap di tempat parkiran motor (pada hari libur biasanya terdapat tukang parkir yang menjaga di dekat lokasi).

    Demikianlah sedikit informasi tentang Air Terjun/ Riam Banangar ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua dan dapat menambah pengetahuan tentang kayanya alam Kalimantan Barat.

    Sumber: Catatan Marcel Alveri Adis/Biology Explorer Untan

    2 comments:

    1. itu di dalam air terjunnya ada goa nya gak?

      Inzanami

      ReplyDelete
    2. Wah... baru tahu ada danaunya.
      Btw dimana letaknya min?

      regards: http://www.travedisi.com/

      ReplyDelete

    Fashion

    Beauty

    Travel