Breaking

Monday, December 14, 2015

Asal Usul Earth sebagai Nama Bumi

Sejak sekolah dasar kita semua sudah belajar tentang apa itu tata surya dimana bumi yang kita tinggali ini. Kita tahu nama-nama planet yang menghuni tata surya kita, bahkan kami yakin kita semua tahu darimana nama-nama planet tersebut berasal. Mars, Merkurius, Venus, Jupiter, adalah nama-nama planet tata surya kita yang berasal dari nama-nama dewa dalam peradaban romawi. Tapi ada satu planet yang anti mainstream dengan planet lainnya. Selain ada penghuninya planet ini memiliki nama yang asal katanya berbeda dengan planet-planet lainnya, itulah Bumi, planet yang kita tinggali. Pertanyaannya, darimana nama planet yang kita tinggali ini? Di Indonesia, kita menyebutnya Bumi, dalam Bahasa Inggris disebuat sebagai Earth, dll.
Penyebutan bumi dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Bhumi yang artinya tanah. Untuk nama yang satu ini tentu tidak jadi masalah dan mungkin cukup mudah bagi kita untuk memahaminya. Namun yang saat ini masih belum disepakati adalah penyebutan planet bumi dalam bahasa inggris, yaitu Earth.

Salah satu laman Answer.com pernah memuat dua pemikiran tentang asal nama Earth, yang pertama adalah kata atau nama bumi berasal dari kosakata Inggris Kuno (Old English-Anglo Saxon) yaitu eorthe. Eorthe sendiri merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Indo-European. Kata Eorthe dalam bahasa Indo-European (Jerman kuno) dipersonifikasikan sebagai Erde atau Erda yang memiliki arti daratan, permukaan, dasar dan sejenisnya.

Pemikiran kedua, kata earth berasal dari bahasa Mesir kuno. Earth  disebut juga dengan nama yang telah dideterminasi huruf hieroglif dengan panggilan plow.

Penggunaan nama Earth dalam bahasa Inggris dimulai sekitar 1000 tahun lalu, bahasa inggris yang merupakan perkembangan dari Anglo-Saxon dengan adanya migrasi dari beberapa suku Germanic. Pendapat ini mengatakan bahwa kata Earth berasal dari kata Anglo-Saxon erda dan dalam bahasa Jerman, artinya mirip dengan 'erde' yang artinya tanah.

Jika kita membaca sumber-sumber literatur yang banyak berasal dari barat maka dengan mudah kita bisa melihat bahwa kebanyakan literatur sekarang tidak mengentikan sumber mereka pada peradaban mereka sendiri. Jarang dari media sekarang menyebutkan sumber yang lebih tua lagi, seolah semua penemuan berasal dari peradaban mereka. Kenyataannya, tidak sedikit perkembangan ilmu pengetahuan berasal dari peradaban Islam. Seperti ilmu kimia yang perkataannya berasal dari al Kimia, matematika Aljabar, ilmu kedokteran yang dikembangkan oleh Ibnu Sina dlsbg. Bagaimana denga kata Earth?

Umat Islam yang bisa membaca alQuran tentu tahu bagaimana Al Quran menyebut bumi ini. Bumi ini dalam bahasa arab yang digunakan dalam Al Quran adalah Ard, bandingkan dengan penyebutan earth. Bagaimana bunyinya? Dengan perbandingan tersebut, rasanya tidak berlebihan kalau kata 'earth' punya akar kata yang sama dengan ard dalam bahasa arab. Penjelasan yang bisa jadi paling masuk akal adalah kata earth berasal dari bahasa Semitic yang merupakan induk dari bahasa Arab dan bahasa Hebrew.

Demikianlah sedikit bahasan tentang asalh usul kata earth, kesimpulannya, nama earth berasal dari kelompok bahasa tua yang disebut sebagai kelompok bahasa semitic.

No comments:

Post a Comment

Adbox