Breaking

Saturday, May 12, 2012

Fakta Menarik Seputar Otak

Seorang ilmuan berkata, tempat paling misterius di alam semesta bagi manusia terletak di antara kedua telinga mereka. Otak, adalah struktur paling kompleks dan sangat mengagumkan. Menurut ilmuan lain lagi, manusia saat ini hanya sedikit sekali menggunakan kapasitas otaknya untuk berpikir. Tahukah kamu beberapa hal spesial tentang otak manusia? Berikut adalah beberapa hal tersebut;
  1. Jika sel saraf seseorang di bentangkan, sel sarafnya akan memebentang sepanjang 75 km.
  2. Saraf Anda dapat mengirim pesan lebih cepat daripada mobil travel Grand Prix.Otak adalah mesin yang paling kompleks di alam semesta. 
  3. Memiliki lebih dari 100.000.000.000, dengan kemampuan untuk membentuk 150.000  koneksi. Setiap sel terhubung ke 25.000 sel saraf yang  lain.
  4. Jika setiap orang di planet ini secara bersamaan membuat 200.000 telepon panggilan, akan ada jumlah yang sama dari koneksi seperti pada otak manusia dalam sehari.
  5. Sel-sel abu-abu hanya menempati 5% dari otak kita. 95% diambil ol.eh jaringan komunikasi yang berjalan antara sel-sel abu-abu.
  6. Otak memiliki berat sekitar 1,5 kg pada manusia dewasa, sekitar 1,5% dari berat badan.
  7.  Sel-sel otak rusak tidak dapat diperbaiki tetapi fungsi mental dan fisik dapat membaik setelah kerusakan otak ringan atau sedang dengan rehabilitasi yang benar.
  8. Dibandingkan dengan hewan, otak manusia sangat besar untuk ukuran tubuhnya.
  9. Besar otak manusia hanya sekitar dua  kepalan tangan kita.
  10. Rata-rata, otak laki-laki (sekitar 1.4kg) sedikit lebih besar dari otak perempuan (sekitar 1.26kg).
  11. Setiap belahan otak mengontrol bagian lain dari tubuh Anda. Otak kanan mengatur tubuh bagian kiri, dan otak kiri mengatur tubuh bagian kanan.
  12. Orang yang menggunakan tangan kanan sebagai tangan utama (91% manusia di bumi): kontrol otak yang kanan dari: bakat musik, fantasi, imajinasi, mimpi, menggambar, dan melukis. Sisi kiri dari otak mengontrol: kemampuan kemampuan, matematika untuk memecahkan logika masalah, kontrol kemampuanrol  bahasa, mengingat nama, tanggal, dan fakta.
  13. Bagian abu-abu otak dilipat untuk muat di dalam tengkorak dan, jika rata, itu akan menutupi permukaan sebuah meja kantor.
  14. Otak berisi sel-sel otak 100 miliar, adalah 100.000 diantaranya hilang setiap hari tanpa dapat diganti.
  15. Anda dapat mempertahankan sekitar tujuh fakta pada satu waktu dalam jangka pendek memori, tetapi dalam jangka panjang otak Anda harus melupakan hal-hal untuk memberikan ruang bagi kenangan baru.
demikianlah, beberapa hal menarik tentang otak kita, semoga bermanfaat dan mari kita jaga kesehatan otak kita.

No comments:

Post a Comment