Breaking

Friday, May 25, 2012

Virus

Virus - Dalam hidupnya yang setengah mati, virus memiliki dua cara dalam menyebarkan jenisnya (bisa juga  dikatakan dalam perkembangbiakannya). Cara yang pertama disebut sebagai daur litik, dan yang kedua disebut daur lisogenik.
Daur Litik, adalah cara reproduksi utama virus dengan menghancurkan sel inangnya. Setelah mereplikasi dirinya dalam sel inang, virus akan memecahkan sel inang sehingga rusak secara total. Salah satu contoh penyakit yang melibatkan daur ini adalah, penyakit AIDS. Penderita AIDS kehilangan sistem pertahanan tubuh karena sel-sel darah putihnya dihancurkan oleh virus HIV, sehingga pada kelanjutannya penyakit yang ringan sekalipun dapat menyebabkan kematian.
Daur Lisogenik, adalah cara reproduksi virus tanpa menghancurkan sel inangnya. Perbedaannya dengan daur litik adalah virus tidak langsung mereplikasi diri didalam sel inang, setelah virus masuk kedalam sel inang, virus akan menyisipkan DNA atau RNA nya kedalam DNA atau RNA sel inang. Proses penyisipan ini tidak disadari oleh sel inang, dan pada saat sel inang mereplikasi diri, potongan DNA atau RNA virus akan ikut ter-copy bersama individu baru dari sel inang tersebut. Jika pada suatu saat potongan DNA atau RNA virus teraktivasi, virus dapat memulai daur litik-nya, dan sel-sel inang yang sebagian besar sudah berisi virus akan pecah dan mati. Contoh virus yang mengalami kedua daur ini adalah virus herpes symplex.



No comments:

Post a Comment

Adbox