Breaking

Tuesday, June 12, 2012

Menjadikan Rumah Kita Berkelanjutan

Keberlanjutan adalah kata kunci yang sangat wah saat ini, tapi apa sebenarnya arti dari keberlanjutan? Keberlanjutan berarti memenuhi kebutuhan Anda saat ini tanpa memiliki dampak negatif pada kebutuhan generasi mendatang. Hal ini juga menuntut Anda untuk sadar tentang pilihan cara hidup Anda dalam hubungan dengan lingkungan. Bagi kebanyakan dari kita, memiliki rumah benar-benar berkelanjutan adalah hal yang tidak terlalu masuk akal  - yang hanya menggunakan sumber daya alam yang terbarukan dengan tidak mempengaruhi  lingkungan sekitar kita. Tapi untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat rumah Anda lebih berkelanjutan, dan mungkin cukup mudah untuk dilaksanakan sehari-hari.

Gunakan Pembersih yang tidak beracun

Ada banyak pembersih alami  yang bisa kita temui dipasar pada saat ini, beberapa di antaranya masih memiliki wewangian sintetis yang berakhir di persediaan air kita. Untungnya, Anda dapat melakukan sesuatu yang besar, pembersih  rumah ramah lingkungan. Kita bisa menggunakan asam dalam cuka putih yang secara alami mampu membunuh jamur dan bakteri, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan cermin dan jendela. Baking soda juga bagus untuk penghilang bau. Jus lemon juga  merupakan pembunuh bakteri, demikian pula sodium borate, alias boraks, adalah pembersih multi-guna yang berguna untuk menyikat dinding dan lantai.

Buat Pilihan sebagai Konsumen Bijaksana

Pilihan Anda sebagai konsumen sangat mempengaruhi kelestarian rumah Anda. Menggunakan baterai isi ulang dapat membatasi jenis limbah yang seringkali tidak dapat didaur ulang. Membeli produk kertas yang dibuat dengan bahan daur ulang akan dapat menyambung rantai keberlanjutan. Lebih baik lagi, jangan gunakan kertas tise sebagai lap tapi gunakan kain yang dapat dicuci. Kantong sampah dan cangkir biodegradable  terbuat dari jagung yang dapat meluruh dari waktu ke waktu, hal ini akan mengurangi jenis sampah plastik ke tempat pembuangan sampah kita. Dan, hal yang cukup penting, gunakan peralatan yang hemat enesrgi, selain lebih ramah lingkungan juga membantu anda untuk menghemat uang.

Reduce 

Daur ulang dan penggunaan kembali merupakan praktek yang sangat bermanfaat, tetapi memulai dengan mengurangi dampak yang Anda buat adalah praktek terbaik. Hindari membeli piring kertas dan gelas dan  pilihlah lampu compact fluorescent daripada mengganti secara berkala bola lampu pijar karena mereka lebih lama dan menggunakan lebih sedikit energi. Memperbaiki pipa bocor dapat menyelamatkan ribuan galon air. Instalasi aliran air yang rendah ke toilet dan pancuran adalah sebuah  investasi yang akan menghemat uang anda dari waktu ke waktu.

Reuse dan Recycle; 

Dalam segitiga Reduce, Reuse, Recycle, daur ulang sebenarnya adalah item tindakan yang paling kurang diminati. Tentu saja, ini jauh lebih baik daripada membuang sampah ke TPA, tapi menggunakan kembali barang yang masih memiliki beberapa manfaat di dalamnya adalah langkah yang jauh lebih baik bagi lingkungan. Sebagai contoh, Anda dapat memperbaiki alat yang rusak dan furnitur bukan melemparkan mereka. Sungguh menakjubkan apa yang dapat Anda lakukan dengan segulung lakban. Baggies, kertas dan kantong plastik, amplop dan folder file adalah semua barang yang mudah untuk disimpan dan untuk digunakan kembali dan biasanya memiliki siklus manfaat lebih lama dari yang benar-benar kebanyakan dimanfaatkan orang. Kertas printer memiliki dua sisi, gunakan untuk mencetak draf dan arsip dokumen.

Landscaping

Hal yang paling dasar yang dapat Anda lakukan untuk membuat halaman Anda lebih berkelanjutan adalah untuk memulai membuat kolam pengkomposan sampah. Anda hanya membutuhkan daun yang hijau dan coklat. Jadi  ambil daun-daun kering yang menghiasi halaman dan mulailah membuat lapisan sampah untuk kompos.Seiring waktu, menambahkan sisa sayuran dari dapur, bubuk kopi dan kulit telur dan aduk sesekali untuk menambah udara. Akhirnya Anda akan memiliki tanah yang indah,  kaya dan sesuai untuk menanam kebun dan sayuran - hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah yang lebih berkelanjutan. Tanamlah tanaman yang dapat dimakan untuk halaman Anda. Saat Anda sedang di situ, buanglah rumput dan jadikan halaman anda taman xeriscape dengan menanam varietas tanaman yang toleran terhadap kekeringan . Penyiraman yang sedikit sebanding dengan keberlanjutan yang lebih besar. Anda juga dapat menanam pohon yang rindang untuk mengurangi panas lingkungan sehingga penggunaan air conditioner akan lebih sedikit.
Sumber : dsc.discovery.com

1 comment:

  1. manteb banget gan, insya Allah sangat bermanfaat buat anak cucu nantinya
    salam :)

    ReplyDelete

Adbox