Breaking

Wednesday, March 12, 2014

Tips Ramah Lingkungan untuk Anak-anak (2)

6. Matikan video game dan komputer saat sedang tidak digunakan. Bermain diluar akan lebih asik dan menyenangkan, dan tentu saja lebih hemat energi.

7. Menggunakan baterai yang dapat diisi ulang untuk mainan dan orang tua sebaiknya membelikan mainan yang tahan lama. Lebih baik membeli barang sekali dari pada beberap kali dan menjadi sampah.


8. Membuat taman kecil yang dapat ditanami dengan tanaman, mulai dengan tanaman yang mudah ditanam. Orang tua dapat memberikan tanggung jawab kepada anak-anaknya untuk mengurus taman kecil, dari taman tersebut anak-anak dapat belajar bertanggung jawab sekaligus mengajarkan mereka tentang pentingnya pohon melalui pengarahan orang tua.

9. Membawa bekal minum dan makanan dari rumah. Menggunakan botol air minum sendiri dan menggunakan tempat makanan sendiri sedikit atau banyak akan mengurangi keinginan untuk jajan yang biasanya akan menyisakan sampah dan polusi lingkungan.

10. Merayakan hari bumi dan hari lingkungan hidup dengan kegiatan bermanfaat dan ramah lingkungan. Anak-anak bisa bersama-sama temannya melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungannya. Untuk merayakannya peringatan hari lingkungan hidup dan hari bumi ini orang tua dapat menjadi penyelanggara, mungkin bisa dilakukan dalam lingkungan ketetanggaan yang dekat.

Demikianlah beberapa tips ramah lingkungan yang dapat dilakukan oleh anak-anak, sebaiknya orang tua selalu mendampingi untuk menjadi mentor dan memberi contoh. Mari selamatkan bumi.
Kredit gambar:


No comments:

Post a Comment