• Petualangan dan Lingkungan

    Monday, June 9, 2014

    Tidur lebih banyak, tapi malah kelelahan, kenapa demikian?

    Tidur lebih banyak, tapi malah kelelahan, kenapa demikian?

    Jika tadi malam Anda tidur lebih lama, maka  kemungkinan Anda akan kelelahan karena Anda lebih banyak tidur daripada kebiasaan Anda.

    Tubuh Anda menyukai konsistensi, termasuk dalam tidur. Tubuh Anda lebih suka jika Anda pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, ilmuan menyubut hal ini sebagai jam biologis. Jika Anda terbiasa tidur delapan jam dan kemudian tiba-tiba Anda tidur sembilan jam, ritme tubuh Anda akan terganggu. Ritme tubuh Anda yang terganggu dapat menyebabkan gangguan pada fungsi-fungsi tubuh Anda.

    Siklus tidur rata-rata sekitar 90 menit, dan kebanyakan orang biasanya akan mengalami sekitar lima siklus setiap malam (namun tentu saja hal ini berbeda-beda untuk setiap orang). Jadi jumlah total waktu tidur Anda adalah 7,5 jam. Jadi jika Anda mengganggu kebiasaan tidur Anda dengan satu jam tidur tambahan, Anda mungkin akan bangun pada bagian siklus tidur nyenyak, sekitar stadium 3 dan 4 (dalam hal ini, kebiasaan Anda bangun pada stadium 5).
    Bangun pada stadium 3 atau 4 tidak hanya sulit, tapi juga bisa membuat Anda grogi dan kelelahan sepanjang hari. Dan ingat kuantitas tidak sama dengan kualitas. Anda bisa tidur lama dengan kualitas rendah tidur dan Anda tetap akan  merasa kurang tidur.

    Jadi, jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, coba untuk mengetahui berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengistirahatkan tubuh Andadan coba untuk selalu konsisten. Termasuk konsisten dengan waktu tidur dan waktu bangun.

    Berdasarkan penuturan Michael J. Breus, Ph.D, seorang psikolog klinis dan Anggota dari American Academy of Sleep Medicine

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel