Saturday, March 14, 2020

3 Cara Sederhana untuk Lebih Bahagia

Kebahagiaan adalah harta yang terpendam dalam diri masing-masing kita, sebagian terbuka, sebagian terkunci dalam pikiran-pikiran. Masalahnya adalah seberapa dalam kita menggali hati kita, adakah kita memiliki kunci untuk mengaksesnya?

Kunci untuk membuka brankas kebahagiaan dalam diri kita adalah BERSYUKUR. Bersyukur adalah karunia karunia kehidupan atau anggur jiwa. Seberapa sering kita mempraktikkan syukur dan bagaimana tindakan mempraktikkan syukur mengarah pada kebahagiaan yang lebih besar?

bahagia dengan bersyukur


Syukur didefinisikan sebagai berterimakasih atas apa yang dimiliki seseorang. Baik itu benda / benda atau pengalaman berwujud atau tidak berwujud. Penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang menumbuhkan perilaku syukur dan mengakui kebaikan dalam hidup mereka akhirnya menjadi lebih optimis dan lebih bahagia dengan kehidupan mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Jenis Perasaan Bersyukur

Menurut penelitian, telah ditemukan bahwa ada tiga cara umum yang kebanyakan orang dapat mengalami rasa syukur.

  1. Bersyukur atas masa lalu (Meliputi hal-hal yang telah terjadi di masa lalu. Misalnya, memiliki kesempatan untuk liburan ke keluar negeri, dll.)
  2. Bersyukur atas apa yang sedang terjadi (Mencakup investasi penuh di masa sekarang untuk menikmati apa yang sedang terjadi sepenuhnya. Misalnya, letakkan ponsel Anda di meja makan dan nikmati sepenuhnya rasa makanan yang Anda makan.)
  3. Bersyukur atas masa depan (Meliputi harapan harapan masa depan. Juga optimis tentang hal-hal yang belum datang. Misalnya, menantikan perjalanan musim dingin yang akan datang bersama keluarga!)

Jadi apa saja latihan sederhana yang bisa dilakukan seseorang untuk melatih rasa syukur? Berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda terapkan untuk menjadikan syukur sebagai habit.

Menuliskan Hal-Hal Yang Membuat Anda Senang atau Bersyukur

Salah satu hal menyenangkan dari berlatih syukur adalah bahwa Anda tidak perlu banyak hal untuk memulai. Anda hanya butuh pena dan selembar kertas untuk memulai. Meskipun mungkin berbeda untuk setiap individu, banyak orang telah merasakan bahwa dengan menuliskan perasaan bersyukur atas berbagai hal yang dialami membantu memperkuat rasa terima kasih dalam kehidupan sehari-hari.
Seberapa sering Anda perlu untuk melakukan latihan ini? Seseorang dapat berlatih setiap hari, setiap minggu atau bahkan setiap bulan! Tidak ada format tetap selama Anda mau menyisihkan waktu untuk mempraktikkannya dengan sengaja.
Hal-hal yang bisa Anda syukuri adalah:

  • Saya bersyukur memiliki rumah
  • Saya beruntung menjadi sehat dan berbadan sehat
  • Saya beruntung memiliki hubungan dekat dengan teman dan orang yang dicintai

Gagasan untuk menuliskan pikiran Anda pada akhirnya harus berkembang menjadi kebiasaan yang, pada akhirnya Anda menjadi  orang yang pandai menghargai dan berterima kasih.

Hidup di Masa Sekarang

Seperti disebutkan sebelumnya, cara lain di mana seseorang dapat mempraktikkan rasa terima kasih adalah bersyukur atas kondisi kita saat ini. Mungkin terlalu sering kita terus-menerus terganggu dan tidak fokus pada apa yang sedang terjadi, kita malah sedih tentang masa lalu atau cemas dengan masa depan, atau pikiran berada jauh dari tubuh sendiri.
Berapa kali Anda melihat orang secara fisik ada di sana tetapi secara mental di telepon mereka? Lain kali Anda mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan seseorang, bersyukurlah memiliki kesempatan untuk terlibat dengan seseorang secara fisik daripada secara virtual dengan melakukan lebih banyak percakapan mendalam dan membina lebih banyak hubungan. Perilaku ini cenderung mengarah pada kepuasan hidup yang lebih besar.

Memberi Sesuatu Kepada Orang Lain

Penelitian telah menunjukkan bahwa uang dapat membeli kebahagiaan dan cara kita membelanjakannya penting. Itu tidak harus dalam jumlah yang signifikan, bahkan sesuatu sekecil minuman saja sudah cukup.
Mengeluarkan uang untuk orang lain sering memungkinkan seseorang untuk membuat koneksi sosial. Sebagai gantinya, ini akan memungkinkan seseorang untuk mengembangkan koneksi atau jaringan dan percakapan dengan orang lain. Yang, ditambah dengan poin-poin di atas, dapat dimanfaatkan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Terlepas dari di mana Anda berada dan apa yang Anda miliki, semua orang bisa mendapat manfaat dari berlatih bersyukur. Mungkin, ini adalah cara termudah untuk menumbuhkan kebahagiaan, menjadi orang yang lebih optimis dan positif.

No comments:

Post a Comment