Virus-virus Paling Mematikan di Dunia

Manusia telah berjuang melawan virus jauh sebelum peradaban-peradaban modern terbangun. Sebagian virus adalah jenis virus yang sangat mematikan, sebagian yang lain berdampak ringan pada manusia. Untuk beberapa penyakit yang disebabkan virus, vaksin dan obat antivirus telah memungkinkan kita untuk mencegah infeksi dan penyebaran secara luas, dan telah membantu orang sakit untuk dapat pulih. Untuk satu penyakit – cacar (bukan cacar air) – kita sudah bisa memberantasnya, membersihkan dunia dari kasus-kasus baru.

Tapi kita masih jauh dari memenangkan pertarungan melawan virus. Dalam beberapa dekade terakhir, beberapa virus telah berhasil menyeberang dari hewan ke manusia dan memicu wabah yang cukup besar, merenggut ribuan nyawa. Ketegangan virus yang mendorong wabah Ebola 2014-2016 di Afrika Barat membunuh hingga 90% dari orang yang terinfeksi, menjadikannya anggota paling mematikan dari keluarga virus Ebola.

Tetapi ada virus lain di luar sana yang sama-sama mematikan, dan beberapa bahkan lebih mematikan. Beberapa virus, termasuk novel coronavirus yang saat ini mendorong wabah di seluruh dunia, memiliki tingkat kematian yang lebih rendah, tetapi masih menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat karena kitabelum memiliki sarana untuk memerangi mereka.

Berikut adalah 12 virus paling mematikan, berdasarkan pada kemungkinan bahwa seseorang akan mati jika mereka terinfeksi salah satu dari mereka, banyaknya orang yang telah mereka bunuh, dan apakah mereka mewakili ancaman yang semakin besar.

Virus Marburg

(Gambar kredit: NIAID via Flickr)
Virus Marburg menyebabkan demam berdarah pada manusia dan primata. Para ilmuwan mengidentifikasi virus Marburg pada tahun 1967, ketika wabah kecil terjadi di antara para pekerja laboratorium di Jerman yang terpapar monyet-monyet yang terinfeksi yang diimpor dari Uganda. Virus Marburg mirip dengan Ebola karena keduanya dapat menyebabkan demam berdarah, yang berarti orang yang terinfeksi mengalami demam tinggi dan perdarahan di seluruh tubuh yang dapat menyebabkan syok, kegagalan organ, dan kematian.

Tingkat kematian dalam wabah yang pertama kali terjadi adalah 25%, tetapi lebih tingkat kematian meningkat hingga 80% pada wabah 1998-2000 di Republik Demokratik Kongo, serta pada wabah 2005 di Angola, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .

Virus ebola

Virus Ebola via https://www.niaid.nih.gov/

Wabah Ebola pertama yang diketahui pada manusia menyerang secara serentak di Republik Sudan dan Republik Demokratik Kongo pada tahun 1976. Ebola menyebar melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lainnya, atau jaringan tubuh dari orang atau hewan yang terinfeksi. Strain virus ebola yang diketahui bervariasi secara dramatis dalam hal tingkat kematian penderita, Elke Muhlberger, seorang ahli virus Ebola dan profesor mikrobiologi di Universitas Boston, mengatakan kepada Live Science.

Satu strain, Ebola Reston, bahkan tidak membuat orang sakit. Tetapi untuk strain Bundibugyo, tingkat kematian hingga 50%, dan hingga 71% untuk strain Sudan, menurut WHO.

Wabah yang sedang berlangsung di Afrika Barat dimulai pada awal 2014, dan merupakan wabah penyakit terbesar dan paling kompleks yang tercatat hingga saat ini, menurut WHO.

Rabies

Meskipun vaksin rabies untuk hewan peliharaan, yang diperkenalkan pada 1920-an, telah membantu membuat penyakit ini sangat jarang di negara maju, kondisi ini tetap menjadi masalah serius di India dan beberapa bagian Afrika.

"(Virus) Itu menghancurkan otak, itu (Rabies) penyakit yang sangat, sangat buruk," kata Muhlberger. "Kita memiliki vaksin untuk melawan rabies, dan kita memiliki antibodi yang berfungsi melawan rabies, jadi jika seseorang digigit oleh hewan rabies, kita dapat merawat orang ini," katanya.

Namun, katanya, "jika Anda tidak mendapatkan perawatan, ada kemungkinan 100% Anda akan mati."

HIV

Virus HIV via http://www.publicdomainfiles.com/

Di dunia modern, virus yang paling mematikan dari semua jenis virus mungkin adalah HIV. "(Virus) Ini masih merupakan pembunuh terbesar," kata Dr. Amesh Adalja, seorang dokter penyakit menular dan juru bicara untuk Infectious Disease Society of America.

Diperkirakan 32 juta orang telah meninggal karena HIV sejak penyakit ini pertama kali diakui pada awal 1980-an. "Penyakit menular yang memakan korban terbesar umat manusia saat ini adalah HIV," kata Adalja.

Obat antivirus yang kuat telah memungkinkan penderitanya untuk hidup beberapa tahun dengan HIV. Tetapi penyakit ini terus menghancurkan banyak negara berpenghasilan rendah dan menengah, di mana 95% infeksi HIV baru terjadi. Hampir 1 dari setiap 25 orang dewasa di wilayah Afrika positif HIV, jumlah itu merupakan dua pertiga dari penderita HIV di seluruh dunia.

Baca juga: Bawang Putih, Penguat Imunitas Tubuh

Cacar

Pada tahun 1980, Majelis Kesehatan Dunia menyatakan dunia bebas dari cacar. Tetapi sebelum itu, manusia berjuang keras melawan cacar selama ribuan tahun, dan penyakit ini membunuh sekitar 1 dari 3 orang yang terinfeksi. Korban selamat dapat memiliki bekas luka yang dalam dan permanen, bahkan ada yang mengalami kebutaan.

Tingkat kematian jauh lebih tinggi pada populasi di luar Eropa, di mana orang memiliki sedikit kontak dengan virus sebelum ada pengunjung yang membawanya ke wilayah mereka. Misalnya, sejarawan memperkirakan 90% populasi asli Amerika meninggal karena cacar yang dibawa oleh penjelajah Eropa. Pada abad ke-20 saja, cacar menewaskan 300 juta orang.

Hantavirus

Virus Hanta via http://www.publicdomainfiles.com/

Hantavirus pulmonary syndrome (HPS) pertama kali mendapat perhatian luas di A.S. pada tahun 1993, ketika seorang lelaki muda Navajo yang sehat dan tunangannya yang tinggal di daerah Four Corners Amerika Serikat meninggal dalam beberapa hari karena sesak napas. Beberapa bulan kemudian, otoritas kesehatan mengisolasi hantavirus dari tikus rusa yang tinggal di rumah salah satu orang yang terinfeksi. Lebih dari 600 orang di AS sekarang telah mengalami kontak dengan HPS, dan 36% telah meninggal karena penyakit ini, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Virus ini tidak ditularkan dari satu orang ke orang lain, manusia dapat tertular penyakit ini dari paparan kotoran tikus yang terinfeksi.

Sebelumnya, hantavirus yang berbeda menyebabkan wabah pada awal 1950-an, selama Perang Korea, menurut sebuah makalah 2010 dalam jurnal Clinical Microbiology Reviews. Lebih dari 3.000 tentara terinfeksi, dan sekitar 12% dari mereka tewas.

Sementara virus itu baru bagi pengobatan Barat ketika ditemukan di AS, para peneliti kemudian menyadari bahwa budaya pengobatan Navajo telah menggambarkan penyakit yang serupa, dan menghubungkan penyakit itu dengan tikus.

Influensa

Virus Influenza via http://www.publicdomainfiles.com/

Selama musim flu biasa, hingga 500.000 orang di seluruh dunia akan meninggal karena penyakit ini, menurut WHO. Tetapi kadang-kadang, ketika strain flu baru muncul, pandemi terjadi dengan penyebaran penyakit yang lebih cepat dan, seringkali, tingkat kematian yang lebih tinggi.

Flu Spanyol disebut-sebut sebagai pandemik flu yang paling mematikan, dimulai pada tahun 1918 dan membuat sakit hingga 40% dari populasi dunia, menewaskan sekitar 50 juta orang.

"Saya pikir ada kemungkinan sesuatu seperti wabah flu 1918 dapat terjadi lagi," kata Muhlberger. "Jika strain influenza baru ditemukan pada populasi manusia, dan dapat ditularkan dengan mudah di antara manusia, dan menyebabkan penyakit parah, kita semua akan memiliki masalah besar."

Demam berdarah

Virus Demam Berdarah via http://www.publicdomainfiles.com/

Virus dengue pertama kali muncul pada 1950-an di Filipina dan Thailand, dan sejak itu menyebar ke seluruh wilayah tropis dan subtropis di dunia. Hingga 40% dari populasi dunia sekarang tinggal di daerah-daerah di mana demam berdarah adalah penyakit endemik, dan penyakit - dengan nyamuk yang membawanya - kemungkinan akan menyebar lebih jauh ketika dunia menghangat (karena pemanasan global).

Dengue membuat sakit 50 hingga 100 juta orang per tahun, menurut WHO. Meskipun tingkat kematian untuk demam berdarah lebih rendah dari beberapa virus lain, sekitar 2,5%, virus dapat menyebabkan penyakit seperti Ebola yang disebut demam berdarah dengue, dan kondisi itu memiliki tingkat kematian 20% jika tidak diobati. "Kami benar-benar perlu berpikir lebih banyak tentang virus dengue karena itu merupakan ancaman nyata bagi kami," kata Muhlberger.

Vaksin untuk Demam Berdarah disetujui pada tahun 2019 oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk digunakan pada anak-anak berusia 9-16 tahun yang tinggal di daerah di mana demam berdarah biasa terjadi dan dengan riwayat infeksi virus yang telah dikonfirmasi, menurut CDC. Di beberapa negara, vaksin yang disetujui tersedia untuk mereka yang berusia 9-45 tahun, tetapi sekali lagi, penerima harus memiliki riwayat kontak dengan demam berdarah. Mereka yang belum tertular virus sebelumnya bisa berisiko terkena demam berdarah parah jika diberikan vaksin.

Rotavirus


Dua vaksin sekarang tersedia untuk melindungi anak-anak dari rotavirus, penyebab utama penyakit diare parah pada bayi dan anak kecil. Virus ini dapat menyebar dengan cepat, melalui apa yang oleh para peneliti disebut sebagai fecal-oral route (artinya partikel feses kecil yang termakan).

Meskipun anak-anak di negara maju jarang meninggal karena infeksi rotavirus, penyakit ini adalah pembunuh di negara berkembang, di mana perawatan rehidrasi tidak tersedia secara luas.

WHO memperkirakan bahwa di seluruh dunia, 453.000 anak-anak di bawah 5 tahun meninggal akibat infeksi rotavirus pada 2008. Namun negara-negara yang telah menerapkan penggunaan vaksin tersebut telah melaporkan penurunan tajam pada catatan rawat inap dan kematian akibat rotavirus.

SARS-CoV

Virus SARS-CoVvia http://www.publicdomainfiles.com/

Virus yang menyebabkan sindrom pernafasan akut yang parah, atau SARS, pertama kali muncul pada tahun 2002 di provinsi Guangdong di Cina selatan, menurut WHO. Virus itu kemungkinan muncul pada kelelawar, awalnya, kemudian menular musang sebelum akhirnya menginfeksi manusia. Setelah memicu wabah di Cina, SARS menyebar ke 26 negara di seluruh dunia, menginfeksi lebih dari 8000 orang dan menewaskan lebih dari 770 selama dua tahun.

Penyakit ini menyebabkan demam, menggigil dan sakit pada tubuh, dan seringkali berkembang menjadi pneumonia, suatu kondisi parah di mana paru-paru meradang dan terisi dengan nanah. SARS memiliki angka kematian sekitar 9,6%, dan sampai sekarang, belum memiliki pengobatan atau vaksin yang disetujui. Namun, tidak ada laporan kasus baru SARS sejak awal 2000-an, menurut CDC.

SARS-CoV-2

2019-nCov via Pixabay

SARS-CoV-2 termasuk dalam keluarga besar virus yang sama dengan SARS-CoV, yang dikenal
sebagai coronavirus, dan pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di kota Wuhan di Cina. Virus ini kemungkinan berasal dari kelelawar, seperti SARS-CoV, dan melewati hewan peralihan sebelum menginfeksi manusia.

Sejak kemunculannya, virus telah menginfeksi puluhan ribu orang di Cina dan ribuan lainnya di seluruh dunia. Wabah yang sedang berlangsung mendorong karantina luas Wuhan dan kota-kota terdekat. Pemerintah melakukan pembatasan perjalanan ke dan dari negara-negara yang terkena dampak. Saat ini seluruh dunia terlibat dalam usaha bersama guna mengembangkan metode diagnostik, perawatan dan vaksin.

Penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, yang disebut COVID-19, memiliki angka kematian sekitar 2,3%. Orang-orang yang lebih tua atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya tampaknya paling berisiko mengalami penyakit parah atau komplikasi. Gejala umum termasuk demam, batuk kering dan sesak napas, dan penyakit ini dapat berkembang menjadi pneumonia pada kasus yang parah.

Yang perlu anda tahu tentang Novel Coronavirus-COVID-19

MERS-CoV

MERS CoV Pada Permukaan Sel Inang. Sumber: NIAID via Flickr

Virus yang menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah, atau MERS, memicu wabah di Arab Saudi pada 2012, kasus lainnya terjadi di Korea Selatan pada 2015. Virus MERS adalah jenis virus mematikan yang termasuk keluarga virus yang sama dengan SARS-CoV dan SARS-CoV-2, dan kemungkinan berasal dari kelelawar juga. Penyakit itu menginfeksi unta sebelum menular ke manusia dan memicu demam, batuk dan sesak napas pada orang yang terinfeksi.

MERS sering berkembang menjadi pneumonia berat dan diperkirakan memiliki tingkat kematian antara 30% dan 40%, menjadikannya jenis yang paling mematikan dari keluarga virus korona yang diketahui yang berpindah dari hewan ke manusia. Seperti halnya SARS-CoV dan SARS-CoV-2, MERS tidak memiliki perawatan atau vaksin.

Post a Comment for "Virus-virus Paling Mematikan di Dunia"